Sabtu, 19 Januari 2013

Faktor- Faktor Penyebab Penyakit Pada Hewan

Faktor Penyebab Penyakit Pada Hewan
Suatu penyakit dapat terjadi karena penyakit endogen, eksogen dan malnutrisi.
Masing-masing dijelaskan sbb :
1. Faktor dari Dalam atau Disebut Internal Origin (Endogen).
Penyakit yang disebabkan faktor dari dalam biasanya disebut penyakit intrinsik. Penyakit yang termasuk dalam kategori jenis ini dalah: Gangguan Metabolisme, Gangguan Hormonal, Degenerasi alat tubuh karena usia lanjut (senilitas) dan Neoplasma.
 

2. Faktor dari Luar atau Disebut External Origin (Eksogen)
Penyakit yang disebabkan oleh faktor luar ini dapat dibedakan lagi menjadi dua yaitu : 

a. Penyebab Tidak Hidup
Penyakit yang disebabkan oleh agen yang tidak hidup , seperti Trauma, Panas, Dingin, Keracunan zat kimia dan Defisiensi zat pakan. Penyakit yang disebabkan oleh faktor yang tidak hidup pada umumnya termasuk dalam golongan penyakit yang non infeksi.
 b. Penyebab hidup
Agen hidup misalnya bakteri, virus, protozoa dan jamur/kapang. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh agen hidup dimasukkan dalam kelompok penyakit-penyakit infeksi. Suatu penyakit, pada umumnya disebabkan oleh suatu infeksi atau gangguan lainnya akibat dari adanya aktivitas suatu mikro organisme tertentu atau dapat juga adanya gangguan akibat dari racun atau kekurangan suatu bahan tertentu. Infeksi adalah suatu proses dimana mikroorganisme masuk kedalam tubuh dan menyebabkan gangguan dari salah satu fungsi fatal alat tubuh. Suatu infeksi biasanya diikuti dengan masa inkubasi. Masa inkubasi adalah waktu sejak masuknya jasad renik ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala penyakit. 

Hal-hal yang dapat menyebabkan hewan menjadi sakit diantaranya :
•     Pemberian jumlah makanan yang kurang
•     Makanan yang kurang bermutu (kualitas nilai gizinya rendah)
•     Kandang yang kurang memenuhi syarat kesehatan
•     Kebersihan kandang yang kurang terjaga 
 

3. Faktor pendukung terjangkitnya penyakit dapat disebabkan karena perubahan kelembapan dan temperatur lingkungan yang semakin tinggi, perubahan musim (misalnya dari musim hujan kemusim kemarau atau sebaliknya) sehingga memberi kesempatan pada bibit penyakit untuk menyerang ternaknya. kebersihan kandang, penyakit yang diturunkan dari induknya dan kualitas ransum yang diberikan, juga termasuk pada faktor pendukung tersebut. 

(Sumber: maucerdas.com)