Jumat, 25 Januari 2013

Istilah-Istilah Kesehatan Hewan

ISTILAH KESEHATAN HEWAN
FARMAKOLOGI (Pharmacology): Ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang obat, terutama dampaknya pada tubuh.
FARMAKOKINETIK (Pharmacokinetik): Ilmu yang mempelajari bagaimana obat diserap dan disebarkan di seluruh tubuh
FORMULASI (Formulation): Bentuk fisik obat, mis. tablet, kapsul, sirop, krim, suntikan.
EFEK SAMPING (Side Effect): Daya kerja atau efek obat (atau vaksin) yang tidak diharapkan. Istilah ini biasanya berhubungan dengan dampak buruk seperti sakit kepala, kram, atau kerusakan hati.
ANTIBIOTIK ( latin : anti = lawan, bios = hidup ) adalah zat-zat kimia yang dihasilkan micro organisme hidup tertuam fungi dan bakteri ranah. Yang memiliki kahsiat mematikan atau mengahambat pertumbuahn banyak bakteri dan beberapa virus besar.
ELEKTROLIT (Electrolyte): Zat mineral yang sangat penting untuk fungsi tubuh normal. Elektrolit sering hilang waktu muntah-muntah atau diare.
INSULIN: Hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat.
JARINGAN (Tissue): Satu kumpulan sel yang sejenis yang bertindak bersama-sama untuk mengerjakan  fungsi tertentu. Ada empat jaringan dasar di dalam tubuh, yakni epitelium, sendi penyambung, otot dan saraf. 
 BAKTERI PATOGEN: adalah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.
GEJALA (Symptom): Keadaan atau keluhan yang menyertai infeksi atau penyakit.
PENYAKIT MENULAR (Communicable diseases): adalah penyakit infeksi yang dapat dari orang atau hewan sakit, dari rervior ataupun dari benda-benda yang mengandung bibit penyakit lainnya ke manusia yang sehat.
PENYAKIT INFEKSI: adalah penyakit yang disebabkan oleh sudatu bibit penyakit seperti : Bakteri, virus, jamur, cacing dan lain-lainnya.
INFEKSI: adalah masuknya disertai pertumbuhan dan perkembang biakan sesuatu bibit pentakit didalam tubuh manusia atau hewan sehingga timbul gejala-gejala penyakit.
KONTAMINASI: adalah pengotoran permukaan tubuh atau benda-benda oleh sesuatu bibit penyakit.
DESINFEKSI: adalah tindakan untuk membunuh bibit penyakit yang berada di luar tubuh.